Kamis, 13 Mei 2010

TANAH LOT

TANAH LOT

Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Tanah Lot terletak sekitar 13 km barat Tabanan atau sekitar 33 kilometer dari Kota Denpasar. Tanah Lot terdapat dua pura yaitu, Pura disebelah selatan adalah pura yang terdapat di tengah laut dan di atas bongkahan batu besar yang bernama Pura Tanah Lot, sedangkan Pura di sebelah utara terdapat sebuah pura yang terletak diatas tebing yang menjorok ke laut, yang bernama Pura Dalem Pekendungan. Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Sad Kahyangan, yaitu pura yang merupakan sendi – sendi Pulau Bali dan pura penting dan besar. Pura Tanah Lot tata letak mengandung Tri Mandala, yaitu nista mandala atau bagian luar, madya mandala atau bagian tengah dan utama mandala atau bagian inti. Pura Tanah Lot merupakan Pura laut tempat pemujaan dewa – dewa penjaga laut.
Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben 'akhirnya' menjadi pengikut Danghyang Nirartha.
Fasilitas yang terdapat di Daya tarik wisata Tanah Lot yaitu:

1. Tanah Lot Sunset Terrace
Merupakan tempat untuk menikmati sunset terbaik.
2. Pura Enjungan Galuh
Pura Enjungan Galuh berlokasi di atas enjungan yaitu batu karang yang menjorok ke Laut. Pura Enjungan Galuh, ista dewata yang berparahyangan di pura ini berwujud shakti, yaitu Bhatara Sri saktinya Dewa Wisnu. Pura Enjungan Galuh ini berfungsi memohon kesuburan dan kesejahteraan dalam hidup dan kehidupan masyarakat.
3. Pura Batu Bolong
Pura batu Bolong berlokasi di salah satu enjungan di segara kidul tanah lot, yang di tengah – tengah berlubang (bolong), sehingga pura tersebut disebut Pura Batu Bolong.
4. Pura Luhur Pekendungan
Pura Luhur Pekendungan berfungsi sebagai Pura Dang Khayangan dan Pura pengulun Subak di wilayah Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.
5. Surya Mandala Cultural Park
Surya Mandala Cultural Park merupakan panggung terbuka yang ditunjukan untuk mementaskan tarian – tarian tradisional antara lain tari kecak.
6. Pasar Seni
Daya tarik Wisata Tanah Lot dilengkapi dengan fasilitas berupa pasar seni bagi para pengunjung yang ingin membeli berbagai jenis oleh – oleh khususnya oleh – oleh kesenian khas Bali.

7. Ular Suci
Ular Suci merupakan salah satu legenda yang ada di Tanah Lot , dimana masyarakat desa percaya bahwa semua ular yang ada di areal Pura Tanah Lot dengan relief hitam putih merupakan ular suci penjaga Pura Tanah Lot dari segala keburukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar